Selasa, 11 Disember 2012

wokshop sengketa medis

WORKSHOP 
PENYELESAIAN KONFLIK DAN SENGKETA MEDIS

Pelayanan kesehatan merupakan rangkaian kegiatan yang mengandung resiko karena menyangkut keselamatan tubuh dan nyawa seseorang. Perkembangan ilmu pengetahuan, metode pengobatan dan penemuan alat kedokteran canggih, selain memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, pada kenyataannya tidak mampu menghilangkan resiko yang ditimbulkan oleh suatu tindakan pelayanan kesehatan. Resiko tersebut adalah terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan (KTD), baik timbulnya komplikasi, kecacatan maupun pasien meninggal dunia
 
Setiap KTD yang dialami oleh pasien baik yang disebabkan oleh kelalaian maupun kecelakaan  yang timbul pada tindakan medis, selalu mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap hak dan kewajiban rumah sakit, tenaga kesehatan maupun pasien, maka tuntutan terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit yang profesional atau yang sesuai dengan standar semakin tinggi. Hal ini tidak jarang menimbulkan konflik bahkan berlanjut menjadi sengketa medis antara pasien atau keluarganya dengan tenaga kesehatan atau penyelenggara kesehatan. Lebih jauh lagi, akses informasi yang didukung perkembangan teknologi, menyebabkan manyarakat makin mudah memperoleh referensi dan dukungan massa melalui jejaring sosial, sehingga berujung pada maraknya tuntutan pidana maupun gugatan perdata terhadap dokter maupun rumah sakit.
 
Bahkan UU no 36/2009 tentang kesehatan, khususnya pasal 58 ayat 1 menegaskan bahwa setiap orang berhak menuntut ganti rugi kepada seseorang, tenaga kesehatan dan atau penyelenggara kesehatan yang menimbulkan kerugian akibat kesalahan atau kelalaian dalam pelayanan kesehatan yang diterimanya. Demikian juga UU no 44/2009 tentang Rumah sakit pasal 32 butir q menjamin hak pasien untuk mengajukan gugatan kepada tenaga kesehatan atau rumah sakit atas pelayanan yang tidak sesuai dengan standar, baik secara perdata maupun pidana. Dengan demikian semakin besar resiko yang dihadapi oleh tenaga kesehatan dan rumah sakit baik pemerintah maupun swasta untuk menghadapi tuntutan hukum tersebut.
 
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat untuk menangani konflik dan sengketa medis, agar hal itu dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya, dengan menerapkan prinsip mengutamakan penyelesaian secara damai melalui jalur non litigasi. Dalam rangka membantu pimpinan, manajemen dan tenaga kesehatan dalam menangani konflik dan sengketa medis di rumah sakit, serta melakukan antisipasi terhadap konflik yang berpotensi menjadi sengketa, maka Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daerah Sumatera Utara menyelenggarakan bimbingan teknis penyelesaian konflik dan sengketa medis pada hari kamis dan jumat, tanggal 13-14 desember 2012 pukul 08.00 wib di  di Hotel Grand elite jl gatot soebroto no 395 Medan..

Outline Materi Kamis 13 Desember

1.   Optimalkan manajemen RS dan upaya menghadapi tuntutan masyarakat tentang pelayanan kesehatan.
2.   Perjanjian terapeutik dan persetujuan tindakan medis (informed consent)
3.   Potensi konflik dan sengketa medis pada sarana pelayanan kesehatan.
4.   Model penyelesaian Konflik dan Sengketa Medis

Outline Materi Kamis 14 Desember

1.   Penyelesaian konflik dan sengketa medis menurut jalur non Litigasi
2.   Langkah-langkah penyelesaian konflik dan sengketa medis
3.   Audit medis sebagai upaya strategis penyelesaian medis
4.   Peran asuransi dalam menyikapi sengketa medis

BIAYA INVESTASI

1. Rp 1.500.000,- per orang (tanpa akomodasi)
    biaya sudah termasuk :
    a.  sertifikat
    b.  coffee break dan makan siang
    c.  seminar kit

Bagi peserta yang membutuhkan penginapan disediakan penginapan di hotel Grand elite   
Medan dengan jumlah kamar terbatas dan menambah biaya penginapan Rp. 388.000,- per malam

CARA PEMBAYARAN

1.Transfer melalui Bank Sumut capem RSU Pirngadi Medan, No. Rekening 104.02.04.004615-5 a.n PERSI DAERAH SUMATERA UTARA.

2. Tunai ke sekretariat panitia jl Thamrin no 2 Medan tel/fax 061 4143097
cp suci rahayu, S.Kom 081352011605

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan